Electric Scooter for Kids Santa Clara California

Electric Scooter for Kids Santa Clara California

Ujian Nasional Mengapa hati nurani disebut bersifat personal dan suprapersonal

Mengapa hati nurani disebut bersifat personal dan suprapersonal

Hati nurani bersifat personal artinya selalu berkaitan erat dengan pribadi bersangkutan. Hati nurani akan berkembang juga bersama dengan perkembangan seluruh kepribadian kita.

Sedangkan Hati nurani bersifat suprapersonal artinya sebagai instansi yang melebihi dan berada di atas kita. Sering disebut sebagai suara hati, kata hati, dan suara batin.

Pembahasan:

Hati nurani adalah suatu perkataan, perasaan yang sebenarnya (real) terhadap jiwa kita, terhadap diri kita sendiri. Hati nurani sering bersifat personal dan suprapersonal dalam artian personal, berkaitan erat dengan pribadi yang bersangkutan. Tidak ada dua manusia yang memiliki dua hati nurani yang persis sama, karena hati nurani berkembang bersama dengan seluruh kepribadian kita. Sedangkan dalam artian bersifat suprapersonal, yaitu sebagai pengendali yang melebihi dan berada di atas kita. Sering disebut sebagai suara hati, kata hati, dan suara batin. Kita seakan-akan menjadi“pendengar”, mengambil sikap reseptif dan membuka diri terhadap suara yang datang dari luar. Bahkan bagi orang yang beragama, hati nurani memiliki dimensi religius sehingga sering mengatakan hati nurani sebagai suara Tuhan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang Mengapa hati nurani manusia dianggap penting https://brainly.co.id/tugas/3388518

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]